#2 Klasifikasi Noun

Jika Anda berada pada laman ini setelah membaca artikel berjudul “Mengenal Noun”, silahkan lanjutkan membaca dan memahami artikel berikut hingga selesai. Namun jika Anda belum membaca dan memahami isi artikel tersebut, silahkan baca dan pahami artikel tersebut terlebih dahulu kemudian berpindah ke laman ini agar pembelajaran anda lebih tersistematis dan tidak setengah-setengah.

Klasifikasi Noun - Diagram Materi
Klasifikasi Noun - Diagram Materi

Berdasarkan maknanya, noun dapat dibagi kedalam concrete noun dan abstract noun; proper noun dan common noun; serta countable noun dan uncountable noun.

Concrete Noun & Abstract Noun

Sesuai istilahnya, concrete noun berarti kata benda yang merujuk pada benda kongkrit, nyata, atau benda yang dapat diindera (dilihat dan disentuh) sedangkan abstract noun merujuk kepada kata benda yang bersifat abstrak atau tidak terindera (tidak dapat dilihat dan disentuh). Beberapa contoh dari concrete noun adalah table, chair, book, dan bag. Sedangkan contoh dari abstract noun adalah love, wind, dan idea.

Proper Noun & Common Noun

Noun juga dapat diklasifikasikan kedalam bentuk proper dan common noun. Proper noun berarti kata benda yang telah pasti yang terkadang berupa nama. Dalam penulisannya, proper noun ditulis dengan huruf awal kapital misalnya Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia, Andi, Rini, dan sebagainya.

Common noun dapat diartikan sebagai kata benda umum misalnya table, chair, book, dan bag.

Countable Noun & Uncountable Noun

Bagian ini biasanya menjadi bagian yang paling sulit terkait pembahasan tentang noun. Intinya materi ini bukannya sulit - Anda hanya membutuhkan sedikit tambahan waktu untuk mempelajarinya.

Countable noun merupakan seluruh kata benda yang “dianggap” dapat dihitung sedangkan uncountable noun merupakan seluruh kata benda yang “dianggap” tidak dapat dihitung. Untuk menguasai materi ini, jangan tentang aturannya dengan logika Anda - melainkan Anda yang harus mengikuti kaidahnya.

Ciri umum dari countable noun adalah “dapat diubah kedalam bentuk jamak (plural)” sementara uncountable noun tidak demikian. Berikut perbedaan keduanya.

Countable Noun Arti Uncountable Noun Arti
A car Sebuah mobil Water Air
2 cars Dua buah mobil
Some cars Beberapa mobil Some water Air (jenis-jenis air)
Do you have car? Apakah kamu memiliki mobil? Would you like to drink coffee? Mau minum kopi?
Do you have 2 cars? Apakah kamu memiliki 2 mobil? Would you like to drink some coffee? Mau minum kopi?

Berdasarkan contoh-contoh diatas, terlihat bahwa penggunaan kata yang menyebabkan countable noun seharusnya menjadi jamak (plural), misalnya some, tidak berlaku pada uncountable noun.

Singular Noun & Plural Noun

Singular noun adalah kata benda tunggal - misalnya car sedangkan plural noun adalah kata benda yang berjumlah lebih dari satu - misalnya cars, two cars, some cars, dan several cars. Berdasarkan aturannya, perubahan singular noun menjadi plural noun menyebabkan plural noun mendapatkan akhiran -s atau -es. Terkait aturan perubahannya apakah akhirannya -s ataukah -es, beberapa sumber menyatakan bahwa tergantung dari huruf akhir dari kata tersebut. Dalam laman ini, aturan penambahan akhiran -s atau -es tidak akan dibahas agar Anda tidak terbiasa menggunakan metode hapalan.

Perlu diingat bahwa tidak semua singular noun dapat diubah kedalam bentuk plural noun. Didalam kaidah tata bahasa Inggris, terdapat jenis noun tertentu yang hanya dapat muncul dalam bentuk singular saja dan ada pula yang dapat muncul dalam bentuk plural saja.

Singular-only Noun

Singular-only noun merupakan istilah yang digunakan untuk merujuk pada kata benda yang hanya bisa muncul kedalam bentuk singular atau tunggal saja. Dengan kata lain, jenis kata benda ini tidak dapat diubah kedalam bentuk plural. Jikapun bisa, maka akan memiliki makna yang berbeda. Diantara kelompok kata benda yang hanya muncul dalam bentuk singular dikenal dengan istilah collective noun serta beberapa kelompok kata yang berakhiran -s.


Fish - Fishes Water - Waters
Ikan - entah itu sedikit atau banyak tetap disebut fish Air - entah itu seukuran gelas atapun sebanyak air dilautan tetap disebut water
Beberapa sumber menjelaskan bahwa fishes berbicara tentang jenis-jenis ikan. Beberapa lainnya berpendapat bahwa tetap fish. Ikan bandeng, ikan tongkol, dan ikan mas adalah contoh jenis-jenis ikan. Beberapa sumber mengatakan bahwa waters berbicara tentang jenis-jenis air. Beberapa lainnya berpandangan bahwa tetap water. Air laut, air hujan, air tawar, air minum merupakan 3 jenis air.

Bidang ilmu pengetahuan atau cabang pengetahuan juga dikategorikan sebagai singular-only noun - meskipun berakhiran -s atau -es. Misalnya maths, economics, physics, semantics, pragmatics, dan psycholinguistics. Perlu diingat, bentuk jamak dari contoh-contoh kata tersebut tidak lazim karena pada dasarnya tidak memiliki bentuk jamak.

Plural-only Noun

Plural-only noun merupakan istilah yang digunakan untuk merujuk pada kata benda yang hanya bisa muncul dalam bentuk plural saja. Dengan kata lain, bentuk singularnya tidak lazim. Salah satu jenis kata benda jenis plural-only noun adalah benda yang selalu berpasangan. Misalnya, scissors, tongs, headphones, tweezers, trousers, jeans, panties, pyjamas, shorts, dan sunglasses. Selainnya, bisa juga kata benda yang tidak berpasangan misalnya thanks, earnings, belongings, surroundings dan congratulations.

Pesan Penting

Ini adalah seri terakhir dari pembahasan tentang noun. Setelah membaca dan memahami semua seri dari pembahasan tentang noun, silahkan kembali ke daftar isi parts of speech (Mengenal Parts of Speech) untuk mulai mempelajari parts of speech lainnya secara sistematis.