#1 Mengenal Noun

Seperti yang telah disinggung pada artikel sebelumnya yang berjudul “Mengenal Parts of Speech”, bahwa materi tentang parts of speech merupakan materi dasar yang jika dikuasai, maka memahami dan memproduksi kalimat dalam bahasa Inggris akan menjadi mudah.

Berikut ini adalah pembahasan tentang noun sebagai salah satu dari 8 parts of speech. Gambar berikut menjelaskan pembahasan kita kali ini. Agar pembelajaran tersistematis, ikuti instruksi belajar yang disampaikan pada akhir artikel ini.
Mengenal Noun - Diagram Materi
Mengenal Noun - Diagram Materi

Fungsi dan Posisi Noun - Sebagai Subjek dan Objek

Berdasarkan fungsinya dalam kalimat, noun dapat menempati posisi subjek kalimat dan/atau objek kalimat. Noun yang mengisi posisi subjek berarti noun tersebut merupakan pelaku dari predikat. Noun yang menempati posisi objek berarti noun tersebut dikenai efek dari predikat. Untuk lebih jelasnya, analisis tabel berikut.

POSISI Contoh kalimat Penjelasan
Subjek Kalimat The car hits the wall The car memberi efek (menabrak)
Objek Kalimat I hit a car Car dikenai efek dari predikat (tertabrak)

Pada contoh noun sebagai subjek kalimat diatas, dapat dikatakan bahwa the car yang melakukan predikat hit. Oleh karena itu, the car disebut sebagai subjek kalimat. Lain halnya pada contoh kedua, dalam hal ini the car yang ditabrak sehingga car dalam hal ini dikatakan sebagai objek kalimat.

Noun sebagai Objek - Direct Object & Indirect Object

Ketika noun mengisi posisi objek kalimat, maka ia dapat berbentuk direct object dan indirect object. Maksud dari direct object adalah posisi noun diletakkan persis setelah predikat. Sebaliknya, noun dikatakan sebagai indirect object jika ia tidak terletak tepat setelah predikat. Untuk lebih jelasnya, perhatikan tabel berikut.

Direct Object Indirect Object
I need money I give you money

Pada contoh diatas, kata yang dicetak tebal merupakan objek kalimat. Pada contoh direct object, objek money diletakkan persis setelah predikat (need) sehingga dikatakan indirect object. Pada contoh indirect object, objek money diletakkan tidak persis setelah predikat (give). Dengan kata lain, you bukanlah objek dari kalimat - melainkan money. Sesuai aturan tata bahasa, objek kalimat adalah apa yang terkena efek dari predikat. Dalam contoh tersebut, yang diberikan (given) adalah money - bukan you.

Agar pembelajaran Anda tersistematis, setelah membaca dan memahami artikel ini, silahkan lanjutkan ke artikel selanjutnya yang berjudul “Klasifikasi Noun”.