Belajar Bahasa Inggris Menggunakan Google Translate? Efektifkah?

Belajar bahasa Inggris sangat dimungkinkan melalui media apapun - termasuk melalui Google Translate. Berikut ini beberapa cara kreatif dalam belajar bahasa Inggris melalui Google Translate.

Artikel ini ditujukan khusus untuk para pelajar sekolah menengah (SMP & SMA), mahasiswa jurusan non-bahasa Inggris serta mahasiswa jurusan bahasa Inggris tahun pertama dan kedua.

Google Translate: Grammar

Jika maksud dari ‘belajar bahasa Inggris’ dalam hal ini hanya terbatas pada grammar, maka Google Translate sangat menjanjikan.

Untuk caranya, teman-teman bisa mentranslate kalimat atau paragraf seperti biasa lalu kemudian fokus pada hasil terjemahan tersebut dan perhatikan penggunaan subjek dan predikatnya.

Mengapa fokus pada subject dan predikat? Karena kedua bagian tersebut biasanya mengecoh pada soal-soal bahasa Inggris.

Dalam TOEFL misalnya, terdapat materi yang dikenal dengan istilah ‘subject and verb agreement’. Ini menandakan bahwa kesesuaian antara subject dengan predikat sangatlah penting.

Yang kedua, materi tentang subject dan predikat menjadi penting untuk dibiasakan adalah karena syarat susunan kata, entah itu pendek maupun panjang, dikatakan sebagai kalimat apabila mengandung subjek dan predikat. Perhatikan susunan kata berikut.

  • My going to school in summer at the beginning of this year when something serious happened.
  • That the Coronavirus is so dangerous proven by world statistics regarding death data caused by this virus.

Bisakah teman-teman menganalisis mana subject dan mana predikat dari dua contoh susunan kata diatas?

Jika ada dari pelajar bahasa Inggris sekalian yang menjawab ‘tidak satupun dari susunan kata diatas’ yang mengandung predikat, maka itulah jawaban yang benar. Ya! Kedua baris susunan kata diatas hanya merupakan subjek kalimat saja yang tidak memiliki predikat. Sudah tahu pentingnya kemampuan menganalisis ‘subjek dan predikat’?

Google Translate: Listening

Untuk listening, Google Translate juga mumpuni alias sangat bisa diandalkan. Google Translate memiliki fitur yang memungkinkan kita untuk mendengarkan draft yang ingin diterjemahkan beserta hasil terjemahannya.

Latihan mendengar melalui Google Translate sangat disarankan karena meskipun hanya berupa robot, tetapi penutur di Google Translate adalah native speaker of English atau penutur asli bahasa Inggris. Hal ini dapat membiasakan alat pendengaran kita dan memperkaya input auditorial kita.

Google Translate: Pronunciation

Hal ini tentu saja dapat sangat menguntungkan kita yang ingin mengetahui bagaimana kata dilafalkan. Sekali lagi, suara orang yang anda dengarkan di Google Translate merupakan penutur asli bahasa Inggris. Pada klik pertama, ia akan melafalkan kata yang anda inginkan dengan tempo atau kecepatan standar. Pada klik kedua, kata tersebut akan dilafalkan secara lebih lambat.

Setelah anda merasa telah mampu menangkap pelafalan kata yang ingin anda tahu melalui Google Translate, cobalah sesering mungkin untuk mengulanginya dengan bersuara. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakannya seseirng mungkin karena semakin sering anda menggunakan sebuah kata atau ekspresi, maka semakin besar pula kata atau ekspresi tersebut ‘hinggap’ dalam ingatan anda. Hal tersebut dikenal dengan istilah ‘intake’ dan telah dibahas pada artikel lain dalam web ini.