Be + Adjective

Form 'be' dalam bahasa Inggris berarti 'am, is, are, was, were, be, been, dan being'. Terdapat setidak-tidaknya 3 kelas kata yang dapat mengisi kata dibelakang ‘be’ - yakni kata benda (noun), kata sifat (adjective), dan kata kerja (verb) berjenis 'past participle' (verb 3) atau 'present participle' (verb -ing). Fokus pembahasan kali ini adalah penggunaan ‘be’ yang diikuti oleh kata sifat (adjective).

Form ‘be + adjective’ merupakan struktur kalimat sederhana. Setiap kelas kata yang berpotensi menjadi subjek kalimat - yakni personal pronoun dan noun, jika ingin disandingkan dengan adjective, maka harus disertai dengan be yang sesuai. Selain itu, konteks waktunya (tense) juga harus sesuai. Perhatikan tabel berikut.


Bentuk Waktu Be + Adjective Contoh Makna
Past He was a lecturer Dia (pria) adalah seorang dosen Dulu, ia adalah seorang dosen. Sekarang bukan lagi dosen.
Present He is a Youtuber Dia (pria) adalah seorang dosen Sekarang ia adalah seorang dosen
Future He will be a Youtuber Dia (pria) akan (menjadi) seorang dosen Melihat potensinya, ia akan menjadi seorang dosen

Be + Adjective Berdasarkan Subjek & Bentuk Waktu

Berikut ini merupakan ringkasan be + adjective berdasarkan subjek dan bentuk waktu.

Personal Pronoun Be (bentuk waktu past) + Adjective Be (bentuk waktu present) + Adjective Be (bentuk waktu future) + Adjective
I I was a lecturer I am a lecturerI will be a lecturer
You* You were a lecturer/ You were lecturers You are a lecturer / You are lecturers You will be lecturer / You will be lecturers
We We were lecturersWe are lecturersWe will be lecturers
They They were lecturersThey are lecturersThey will be lecturers
He He was lecturerHe is lecturerHe will be lecturer
She She was lecturerShe is lecturerShe will be lecturer
It** It was a car It is a carIt will be a car
Catatan: Pada kolom bertanda bintang (*), You bisa berarti tunggal dan bisa pula berarti jamak. Jika tunggal, maka you berarti Anda atau kamu namun jika you jamak, maka you berarti kalian. Pada kolom dengan dua bintang (**) pada contoh personal pronoun “it”, contoh kalimat it was a car dapat bermakna bahwa benda yang dimaksud dulunya merupakan sebuah mobil - artinya sekarang benda yang dimaksud bisa jadi sudah diolah menjadi benda lain yang bukan mobil. Sedangkan contoh kalimat “it will be a car” bisa bermakna bahwa sekarang benda yang dimaksud masih berbentuk rongsokan namun nanti akan diolah hingga menjadi sebuah mobil.