Mengenal Parts of Speech: Daftar Isi

Parts of speech merupakan materi paling dasar yang selalu diajarkan pada awal pertemuan dalam kelas bahasa Inggris. Dengan menguasai parts of speech, pelajar sekalian akan menjadi lebih mudah dalam memahami dan memproduksi kalimat dalam bahasa Inggris.

Parts of speech - www.dosenenglish.my.id
Parts of speech

Didalam bahasa Indonesia, istilah parts of speech biasanya disebut dengan “kelas-kelas kata”. Dalam pembahasan terkait parts of speech, setiap kata dalam bahasa Inggris diatur berdasarkan kelas, kategori, atau kastanya masing-masing. Pengelompokan kata berdasarkan fungsinya bertujuan untuk memudahkan pelajar dalam memahami dan memproduksi kalimat dalam bahasa Inggris.

Pada laman ini, parts of speech hanya akan dibahas secara singkat. Agar pemahaman Anda sempurna. Perlu bagi Anda untuk mengikuti pembelajaran yg tersistematis dengan mengikuti panduan dalam laman ini. Disetiap akhir ulasan dibawah ini disertakan link untuk memulai materi. Link tersebut akan membawa Anda ke laman pembahasan lainnya yg dalam laman tersebut Anda akan diberikan beberapa link yang penunjang. Laman ini dapat diibaratkan sebagai daftar isi atau kompas pembelajaran Anda dalam mengenal parts of speech.

Adapun yang dibahas dalam parts of speech antara lain:

Noun (Kata Benda)

Noun merupakan kata yang menempati posisi subjek dan objek dalam kalimat. Beberapa contoh umum dari noun adalah nama orang, tempat, benda misalnya Andi, school, Indonesia. Noun dapat berbentuk singular atau tunggal dan jamak plural. Noun berjenis singular digunakan sama persis seperti yang tertulis didalam kamus. Jika plural, noun tersebut ditambahkan akhiran -s/-es dibelakangnya. Misalnya student menjadi students dan class menjadi classes.

(Mulai belajar tentang noun: Mengenal Noun)

Pronoun (Kata Ganti)

Pronoun merupakan kelas kata yang berfungsi untuk mengganti noun. Yang dimaksud dengan pronoun antara lain: I, you, we, they, he, she, dan it. Dikatakan sebagai kata ganti karena dalam beberapa jenis kalimat, pronoun seringkali menggantikan noun. Misalnya dalam kalimat: “Andi eats banana so he is full right now”. Dalam contoh kalimat tersebut, “he” merupakan pronoun yang merujuk kepada Andi dan difungsikan untuk menggantikan Andi. Jika tanpa pronoun, contoh kalimat tersebut akan menjadi “Andi eats banana so Andi is full right now”. 

Adjective (Kata Sifat)

Adjective merupakan kelas kata yang berfungsi untuk memberi sifat atau keterangan kepada noun (kata benda). Letaknya berada sebelum noun. Dengan adanya adjective, maka noun dapat menjadi lebih spesifik. Contoh penggunaan adjective yang menyifati atau menerangkan atau membuat noun menjadi lebih spesifik adalah white car dimana adjective white menjelaskan noun car yang dimaksud spesifik yang berwarna putih - bukan merah, hitam, atau silver.

Verb (Kata Kerja)

Verb merupakan kelas kata yang merujuk pada pekerjaan atau aktivitas. Verb digunakan pada kalimat verbal - yakni jenis kalimat yang menggunakan verb sebagai predikatnya. Verb merupakan kelas kata yang bisa dipengaruhi oleh subjek, misalnya dalam contoh kalimat “He goes to school”. Dalam hal ini, verb go menjadi goes karena subjeknya berjenis third person atau orang ketiga tunggal “he”. Jika subjeknya berjenis first person atau orang pertama dan second person atau orang kedua, maka kalimatnya menjadi “I go to school”.

Selain dapat dipengaruhi subjeknya, verb juga dapat dipengaruhi oleh waktu. Hal ini yang menyebabkan dikenalnya istilah tense dalam bahasa Inggris. Misalnya, jika konteks waktunya merujuk ke present, kita akan mengatakan “I go to school”. Jika konteks waktunya past, kalimat tersebut akan menjadi “I went to school”. Jika konteks waktunya merujuk pada future atau masa depan, maka kalimat tersebut akan menjadi “I will go to school”.

Adverbs (Kata Keterangan)

Adverbs merupakan kelas kata yang berfungsi untuk menjelaskan verb (kata kerja), adjective (kata sifat), dan adverbs atau kata keterangan itu sendiri. Adverbs dapat muncul dalam beberapa jenis - adverb of time (keterangan waktu), adverb of place (keterangan tempat), adverb of manner (keterangan cara), adverb of frequency, dan adverb of degree.

Preposition (Kata Depan)

Preposition atau kata depan berfungsi untuk menunjukkan tempat dan waktu. Diantara preposisi antara lain in, on, at, over, beside, in front of, behind, dan lain sebagainya. Contoh kalimat yang menggunakan preposition yang berkaitan dengan tempat adalah “The teacher is in the classroom

Conjunctions (Kata Hubung)

Conjunction berfungsi untuk menghubungkan kata, frase, klausa, atau kalimat satu dengan kata, frase, klausa, dan kalimat lainnya. Yang termasuk didalam conjunction adalah kata sejenis “and, but, dan if”. Beberapa contohnya antara lain: Andi and Cindy dan white car and black motorcycle.

Interjection

Interjection merupakan kata atau ekspresi yang digunakan untuk menunjukkan perasaan atau emosi. Beberapa contoh dari interjection antara lain: wow! dan oh my god!. Terkadang interjection digunakan untuk membuka suatu kalimat misalnya dalam contoh “well, this is our first meeting”.