Media Belajar Bahasa Inggris Terbaik: Podcast vs Youtube vs Website

Kita yang hidup di zaman teknologi seperti sekarang ini patut bersyukur karena terdapat banyak sekali media belajar bahasa Inggris yang bisa kita manfaatkan. Saat ini kita memiliki Youtube, Podcast, dan Website yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Bandingkan dengan pelajar bahasa Inggris zaman dahulu yang terbatas dalam hal media belajar. Mereka yang hidup dizaman yang telah sedikit lebih modern hanya mengandalkan kaset tape/radio dan buku saja. Itupun keduanya sulit sekali didapatkan. Butuh perjuangan dan pengorbanan yang banyak untuk mendapatkan keduanya.

Khusus untuk media belajar millenial - Youtube, Podcast, dan Website - kelebihan dan kekurangan masing-masing akan kita bahas pada artikel ini.

Youtube

Kemampuannya menampilkan citra visual merupakan kelebihan yang tidak dimiliki oleh media lain. Youtube dalam hal ini unggul dalam hal pencitraan visual - cocok untuk karakter pelajar auditorial, visual, dan kinaestetik.

Berdasarkan teori, dinyatakan bahwa semakin banyak indera yang terlibat dalam belajar, maka semakin besar peluang materi yang dipelajari “hinggap” di ingatan. Dalam hal ini, Youtube mampu memenuhi tiga karakter belajar sekaligus - visual, auditorial, dan kinaestetik.

Namun perlu diingat bahwa media belajar bahasa Inggris melalui Youtube, meskipun mampu mengakomodasi pelajar dengan tipikal visual, auditorial, dan kinaestetik, Youtube merupakan media belajar yang “mahal” karena kita akan membutuhkan lebih banyak data internet untuk mengaksesnya. Selain itu, Youtube juga mengkonsumsi daya laptop/PC/gawai yang lebih banyak dibandingkan media lainnya. Demikian karena Youtube mengharuskan kita untuk terus menyalakan layar saat digunakan.

Podcast

Media ini hanya dapat mengakomodasi pelajar dengan kecenderungan belajar auditorial saja. Namun media Podcast dapat dikatakan jauh lebih fleksibel dibandingkan media Youtube karena podcast dapat didengarkan sembari melakukan banyak kegiatan misalnya seperti menyapu, jogging, dan lain sebagainya.

Teman-teman yang lebih mampu menangkap materi pelajaran jika materi tersebut teman-teman dengarkan - bukan melalui bacaan - tentu sangat diuntungkan dari keberadaan podcast.

Website

Diantara ketiga media yang telah disebutkan, website adalah media belajar bahasa Inggris yang paling lengkap. Website dapat menampilkan video dan audio dalam satu halaman. Selain itu, website juga dapat memberikan input tertulis seperti penjelasan, latihan soal, dan lain sebagainya. Untuk itu, dapat dikatakan bahwa media belajar bahasa Inggris melalui website juga dapat mengakomodasi tipikal pelajar dengan kecenderungan auditorial, visual, dan kinaestetik.