Resep Melatih Speaking Fluency Secara Mandiri

Ketika ada waktu senggang, pilihlah topi yang anda sukai lalu berbicaralah mengenai topik tersebut. Rekam semua kalimat yang anda ujarkan secara spontan (tanpa teks), lalu dengarkan ulang sembari menilai kemampuan speaking diri anda sendiri.

#1 USB Microphone

Jika alat berikut ini yang anda pilih, maka anda cukup menyambungkan salah satu dari perangkat yang diulas berikut ini ke PC/laptop atau gawai anda, buka aplikasi perekam suara, klik rekam atau record (biasanya berupa simbol lingkaran berwarna merah), lalu mulailah membahas topik yang anda pilih.

RODE NT-USB Mini merupakan sebuah USB microphone yang ideal untuk digunakan dalam praktek speaking kita kali ini karena alat ini dibekali dengan mikrofon yang mampu menangkap suara dengan sangat detail. Posisikan RODE NT-USB Mini diatas meja anda atau pasang pada stand yang memungkinkan RODE NT-USB Mini tersebut berjarak sekitar satu jengkal dari mulut anda.

Sebagai alternatif dari RODE NT-USB Mini, Audio Technica ATR2100x juga dapat anda pertimbangkan.

Audio Technica ATR 2100x juga merupakan sebuah USB microphone yang juga dapat digunakan dengan sambungan analog melalui koneksi kabel XLR. Jika anda ingin menggunakannya sebagai USB Microphone, maka sambungkan Audio Technica ATR 2100x ke PC/laptop atau gawai anda melalui sambungan USB. Jika anda lebih nyaman dengan koneksi analog, anda akan membutuhkan sebuah audio interface atau mixer interface agar Audio Technica ATR 2100x dapat merekam suara anda ke PC/laptop atau gawai anda.

Untuk menggunakannya, berbicaralah dengan jarak kurang lebih 30cm dan posisikan mic ini sedikit kebawah, keatas, atau kesamping - jangan tepat dimulut anda karena Audio Technica ATR2100x kurang mampu meredam plossive - yakni bunyi yang timbul saat anda mengucapkan kata dengan huruf ‘f’,‘p’, ‘s’, ‘v’ serta huruf lainnya yang mengeluarkan udara.

#2 Handy/Field Recorder

Jika anda ingin yang lebih fleksibel, anda dapat menggunakan handy recorder atau field recorder. Dengan perangkat ini, anda tidak pelu lagi menggunakan PC/Laptop atau gawai anda untuk merekam karena handy recorder atau field recorder telah menyediakan slot memory card untuk menyimpan file rekaman dari suara anda. Berikut ini handy recorder serta field recorder rekomendasi Dosen English.

Kita mulai dari yang paling fleksibel dulu.

Pertama, Tascam DR-10l. Fisik dari perangkat ini sangat kecil