Belajar Bahasa Inggris Melalui Youtube: Rekomendasi Channel Terbaik

Youtube merupakan sarana belajar yang tergolong baru-baru ini populer. Popularitas Youtube sebagai media belajar bertambah saat pertemuan tatap muka akibat pandemi Covid-19 melanda dunia. Saat media daring menjadi satu-satunya pilihan untuk belajar, selain melalui podcast, website, dan melalui jurnal untuk bahasa Inggris akademik, belajar melalui Youtube juga menjadi pilihan yang bijak. Berikut ini rekomendasi channel Youtube untuk belajar bahasa Inggris.

Perlu teman-teman ketahui bahwa list berikut bukanlah sebuah urutan. Hal ini tidak berarti bahwa yang menempati posisi pertama adalah yang terbaik.

Dosen English sendiri merupakan penggemar ketiga pemandu channel Youtube dibawah ini. Setiap ada waktu senggang, Dosen English tentu akan mempertimbangkan untuk mengakses channel Youtube salah satu atau bahkan ketiga channel berikut ini secara bergantian - tergantung dari ketersediaan video baru yang mereka miliki. Berikut rekomendasi channel Youtube untuk belajar bahasa Inggris versi Dosen English.

Luke’s English Podcast

Meskipun Luke sebelumnya aktif di dunia Podcasting untuk memberikan materi-materi British Englishnya melalui Youtube. Tema yang paling sering ia angkat berkisar antara percakapan sehari-hari. Teman-teman dapat memanfaatkan channel Teacher Luke untuk belajar aksen British dan tentunya untuk melatih listening skill teman-teman.

All Ears English

Podcasters yang aktif membahas tentang grammar atau tata bahasa Inggris pada channel podcast mereka ternyata juga eksis di Youtube. Channel ini dibawakan oleh dua orang broadcaster dengan aksen American English. Berbeda orientasi dengan Teacher Luke, All Ears English yang dipandu oleh dua broadcaster wanita - Lidsay dan Michele - ini banyak memberikan tips-tips seputar tes bahasa Inggris meliputi IELTS, TOEFL, dan grammar.

Learn English with Bob the Canadian

Sesuai namanya, “om Bob” adalah orang Kanada yang aktif memberikan materi-materi bahasa Inggris di Youtube. Aksen om Bob terdengar tak ubahnya aksen American English. Mungkin hal tersebut karena Kanada terletak disekitar Amerika.

Di channel Youtube om Bob, banyak terdapat materi-materi tentang percakapan sehari-hari. Beliau kebanyakan mengulas tentang penggunaan bahasa Inggris praktis yang tentunya sesuai dengan tujuan bahasa - yakni sebagai alat komunikasi.

Saran dari Dosen English

Jika Youtube menjadi pilihan media belajar bahasa Inggris anda, maka anda disarankan untuk memilih tempat yang representatif untuk belajar. Belajar dikeramaian sah-sah saja. Namun perhatikan potensi pembelajaran anda terganggu. Jika anda bersama teman-teman anda, maka pastikan anda dapat menjaga fokus saat belajar. Hal ini sangat penting mengingat belajar membutuhkan konsentrasi yang tinggi.

Jika memungkinkan, tonton beberapa kali setiap video yang telah anda tonton terutama jika target anda adalah peningkatan listening skill. Hal ini dimaksudkan untuk memberi waktu kepada otak anda dalam mencerna kalimat-kalimat yang dilafalkan dengan kecepatan standar native speaker.