Cara Unik dan Gratis Meningkatkan Speaking Skill

Speaking bisa dikatakan sebagai salah satu skill yang menantang dan cenderung sulit untuk dikuasai. Demikian halnya karena speaking menuntut kita untuk tidak banyak berpikir tentang kosakata, pelafalan, tata bahasa, dan aspek terkait lainnya saat berbicara. Berbeda halnya dengan writing yang tergolong sedikit lebih mudah. Berikut disajikan dua cara unik dan gratis untuk meningkatkan speaking skill.

Peralatan

Hal ini tidak wajib. Namun jika anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal, maka pertimbangkanlah peralatan-peralatan berikut.

Handy Recorder

Anda bisa menggunakan gawai (handphone). Namun akan jauh lebih baik jika anda bisa menyediakan sebuah peralatan perekam suara. Hal ini akan anda gunakan untuk merekam suara anda sendiri saat praktek speaking. Gunanya adalah untuk merevisi atau mengetahui pada bagian mana anda masih kurang, bagian mana yang cukup, dan pada bagian mana anda telah brilian.

Rekaman-rekaman tersebut juga bisa anda simpan pada memory - flash disk atau hard disk - anda untuk anda review bulan depan, dua bulan depan, atau tahun depan. Hal ini dimaksudkan untuk melihat progress yang anda buat dalam belajar bahasa Inggris dari waktu ke waktu.

Alat Tulis

Siapkan waktu anda, mungkin sekitar 1 jam atau 30 menit sebelum tidur, untuk mendengarkan rekaman suara anda sendiri. Catat bagian-bagian yang perlu anda perbaiki. Misalnya pelafalan kata tertentu, atau tata bahasa, atau fluency atau kelancaran anda. Jika anda khawatir buku catatan anda hilang, anda bisa mencatatnya pada aplikasi memo dalam gawai (handphone) anda.

Setelah menyiapkan peralatan diatas, silahkan lakukan salah satu atau semua dari hal unik dan gratis berikut ini.

Bikin Podcast

Saat zaman telah berkembang seperti sekarang ini, anda dimungkinkan untuk membuat channel podcast sendiri. Anda bisa mengisi channel podcast anda dengan konten-konten dimana anda latihan berbicara dalam bahasa Inggris. Mengenai tema atau topiknya, silahkan anda tentukan sendiri. Misalnya, dengan menceritakan apa yang unik dari kota atau daerah tempat anda tinggal, tempat-tempat wisata, hotel, kuliner, dan lain sebagainya.

Jangan tunggu lancar dulu lantas kemudian anda memutuskan untuk membuat channel. Anda sangat dimungkinkan untuk mendirikan channel podcast anda sekarang juga - meskipun bahasa Inggris anda belum terlalu lancar. 

Kebiasaan tersebut diharapkan dapat menumbuhkan rasa ingin tahu anda terhadap bahasa Inggris yang pada akhirnya kebiasaan baru anda ini akan membuat anda terbiasa dengan banyak hal yang berkenaan dengan bahasa Inggris - pelafalan kata, tata bahasa, dan lain sebagainya.

Untuk membuat podcast, anda tidak membutuhkan peralatan profesional. Cukup dengan modal gawai (smart-phone) berbasis Android atau iOS saja, anda sudah bisa mendirikan channel podcast anda sendiri. 

Silahkan buka App Store atau Google Play pada gawai anda, ketik dan cari “Anchor.fm”, unduh, lalu install pada gawai anda. Aplikasi tersebut (Anchor) memungkinkan anda untuk membuat channel podcast anda sendiri tanpa pungutan biaya sepeserpun.

Mengapa harus podcast? Karena podcast hanya memungkinkan penggemar channel anda untuk mendengar suara anda saja. Berbeda dengan Youtube yang berbasis video, podcast hanya mendukung transfer suara tanpa gambar. Sangat cocok untuk anda yang masih malu-malu terlihat publik. Akan tetapi, jika anda sekalian ingin eksis, pertimbangkan membuka channel Youtube.

Hal ini akan sangat potensial untuk melatih speaking anda. Anda dapat melacak telah berapa kali episode podcast anda didengarkan oleh orang lain. Jika anda benar-benar ingin berkembang, buatlah sebuah email khusus, atau halaman Fans Page di Facebook atau mungkin Instagram lalu sertakan link email atau media sosial anda pada keterangan di setiap episode podcast anda. Hal ini akan sangat berguna jika ada dari pendengar podcast anda yang ingin menyampaikan kritik dan saran terkait bahasa Inggris anda.

Merekam Saat Dalam Perjalanan

Anda yang tinggal di kota besar yang macet dapat diuntungkan dari keadaan tersebut. Selama bermacet-macet ria dijalanan, anda bisa merekam suara anda sendiri berbicara dalam bahasa Inggris mengenai tema atau topik tertentu. Misalnya tentang apa yang anda jumpai selama perjalanan. Saat malam hari, anda bisa mendengarkan hasil rekaman tersebut dan menganalisis aspek-aspek terkait penggunaan bahasa Inggris anda.

Hal ini telah Dosen English lakukan selama bertahun-tahun. Dosen English bahkan beberapa kali merekam episode podcast dalam perjalanan. 

Bagi teman-teman yang tertarik untuk melakukan cara ini, teman-teman dianjurkan untuk mengalir secara alami. Jangan memaksakan diri anda untuk langsung bisa atau langsung lancar terutama pada awal-awal praktek. Biasanya, anda akan masih terbata-bata pada bulan pertama atau pada 2 bulan pertama - anda mungkin akan kebanyakan diam (karena banyak berpikir tentang apa yang harus anda katakan). Jika itu terjadi, itu berarti anda sedang membiasakan otak anda untuk menggunakan bahasa Inggris. Teruskan saja seperti itu. Percaya atau tidak, seiring berjalannya waktu anda akan lancar berbahasa Inggris.

Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk mencoba?