Sumber-sumber Belajar Bahasa Inggris Akademik

Berikut ini dibahas beberapa sumber belajar bahasa Inggris akademik.

Sumber-sumber Belajar Bahasa Inggris

Internet menyediakan banyak sekali sumber belajar bahasa inggris. Namun tidak semua sumber dapat dikatakan qualified untuk digunakan sebagai sumber belajar. Berikut ini daftar sumber belajar yang disarankan Dosen English.

#1 Membaca Jurnal Ilmiah

Jurnal ilmiah merupakan karya tulis yang ditulis dengan bahasa Inggris akademik dengan tata bahasa yang kecil kemungkinan mengandung kesalahan. Mengapa demikian? Karena penerbitan jurnal harus melewati sekurang-kurangnya 3 pintu - peer review, reviewer, dan editor review. Cara ini telah dibahas pada artikel yang berjudul Belajar Bahasa Inggris Akademik Melalui Jurnal Ilmiah.

#2 Skripsi, Tesis, dan Disertasi

Di zaman teknologi seperti sekarang ini, kita dimungkinkan untuk mendapatkan salinan skripsi, tesis, dan disertasi yang ditulis dalam bahasa Inggris dari kampus-kampus ternama. Teman-teman bisa memanfaatkan Google untuk mencari daftar kampus yang menyediakan salinan skripsi, tesis, dan disertasi secara cuma-cuma dan mengambil beberapa judul yang kira-kira sesuai dengan minat teman-teman.

#3 Membaca eBook

eBook atau electronic book (buku elektronik) merupakan opsi kedua yang disarankan Dosen English. Belajar melalui eBook memang sedikit membutuhkan trik yang bersifat teknis karena banyak eBook yang tidak diterbitkan khusus untuk pelajar bahasa Inggris - kecuali eBook tentang bahasa Inggris tentunya. Meskipun demikian, kita tetap dapat belajar melalui eBook.

Carilah eBook dengan tema atau topik yang teman-teman sukai. Di Internet, terdapat banyak sekali penyedia eBook secara gratis. Dosen English tidak akan memberikan alamat web-nya disini karena alasan etika. Jika teman-teman berminat, silahkan hubungi Dosen English.

#4 Browsing Website

Website juga merupakan media yang baik untuk digunakan dalam belajar bahasa Inggris akademik. Namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua website menyajikan konten-konten akademik. Teman-teman perlu mengetahui kriteria atau ciri-ciri website yang menyajikan konten akademik. Untuk lebih mudahnya, silahkan browsing website resmi kampus-kampus di Amerika Serikat, Inggris, Australia, Kanada, Selandia Baru atau kampus-kampus dari negara-negara berbahasa Inggris lainnya.

Penting: Tips Memilih Bacaan

Membaca apa saja itu lebih bagus dibanding tidak membaca sama sekali. Namun, membaca perlu trik teknis - yakni memilih bacaan yang levelnya sedikit diatas level kita. Bagaimana cara menentukannya? Baca keseluruhan teks dan ukurlah seberapa banyak poin yang bisa teman-teman pahami. Jika berada pada kisaran 70%, maka itu merupakan bacaan yang pas untuk teman-teman.

Jika teman-teman mampu memahami keseluruhan isi bacaan, maka bisa kita simpulkan bahwa hampir tidak ada proses belajar disitu. Sekali lagi, pilihlah bacaan yang tidak terlalu mudah dan tidak terlalu sulit.