Present Participle vs Gerunds

Present participle dan gerunds merupakan dua hal yang sama secara struktur penulisan namun berbeda dalam hal fungsi. Present participle dapat menjadi kata sifat serta dapat pula menjadi kata kerja khususnya dalam kalimat dengan aspect continuous/progressive dan perfect continuous. Lain halnya dengan gerunds yang secara fungsi merupakan kata benda.

Present Participle

Seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya bahwa present participle dapat mengisi posisi kata sifat dan kata kerja. Ketika present participle menjadi kata sifat, maka present participle haruslah diikuti oleh noun (kata benda) yang disifatinya. Sementara dalam posisinya sebagai kata kerja, present participle dapat muncul didalam kalimat dengan aspect progressive/continuous serta aspect perfect continuous. Jika dalam aspect continuous/progressive, present participle memberi arti “sedang” dengan makna peristiwa atau kegiatan yang dimaksud “masih sedang berlangsung” atau “masih dalam proses”.

Gerunds

Gerunds, secara sederhana, dapat diartikan sebagai kata kerja yang dibendakan. Maksudnya, gerunds seyogianya merupakan sebgah kata kerja namun ia berfungsi sebagai kata benda. Bentuknya sama persis dengan present participle - yakni kata kerja dasar diikuti oleh -ing.

Mengingat gerund - secara struktural - berfungsi sebagai kata kerja, maka gerund dapat mengisi posisi subjek dan objek dalam kalimat.

Contoh Present Participle & Gerund

Berikut ini merupakan contoh penggunaan present participle dan gerund. Diharapkan teman-teman sekalian dapat memahami perbedaan diantara keduanya dari tabel berikut ini.

Present Participle
Gerund
Sebagai Kata Sifat
Sebagai Verb
That waiting room is my favourite place to wait I am waiting my lecturer Waiting is the thing I mostly hate
I have read that interesting book I am reading a book Reading is my hobby
My uncle is the pilot of that flying plane My uncle is flying a plane now My uncle quit flying a plane because he got a new job
No running water in this area The water is running to this area Running is dangerous at night
Walking dead is unreal She is now walking to the classroom Walking 30 minutes in the morning is recommended by medical officer

Penjelasan Sintaksis

Berikut ini penjelasan sintaksis dari contoh pertama pada tabel diatas. Perlu teman-teman ketahui bahwa susunan kata dapat dikatakan sebagai kalimat jika setidak-tidaknya mengandung subjek dan predikat. Dengan kata lain, kalimat adalah susunan kata yang setidak-tidaknya mengandung subjek dan predikat.

Present Participle sebagai Adjective

Perhatikan pada baris "present participle sebagai kata sifat" pada tabel diatas. Kata yang dicetak tebal berwarna hitam adalah contoh dari present participle sebagai kata sifat (adjective) sementara kata yang dicetak tebal berwarna merah merupakan kata benda (noun) yang disifati atau yang dijelaskan oleh kata sifat (adjective) tersebut.

Pada contoh pertama diatas, 'waiting' berfungsi sebagai kata sifat (adjective) yang menjelaskan kata benda (noun) 'room' - yang berarti 'ruang tunggu'. Salah satu ciri dari kata sifat adalah tidak dapat berdiri sendiri. Untuk menguji apakah 'waiting' merupakan adjective atau bukan, silahkan hilangkan noun-nya (dalam hal ini 'room'). Maka kita dapatkan kalimat 'the waiting is my favourite place to wait'. Kalimat tersebut menjadi tidak bermakna karena tidak memiliki subjek. Dengan kata lain, susunan kata tersebut belum memenuhi syarat untuk dikatakan sebagai sebuah kalimat.

Catatan: kalimat 'the waiting is my favourite place to wait' bisa benar secara struktural jika 'the waiting' dalam hal ini merupakan nama sebuah tempat atau lokasi - misalnya "kedai kopi the waiting", "cafe the waiting", atau nama tempat lainnya. Jika demikian, maka 'the waiting' dalam hal ini merupakan sebuah noun (kata benda) yang berposisi sebagai subjek sementara 'is' merupakan predikatnya.

Sekarang, mari kita coba hilangkan adjective-nya. Kita dapatkan 'that room is my favourite place to wait'. Kalimat ini benar secara struktural karena telah memiliki subjek yang berupa kata benda (that room) dan predikat berupa 'to be' (is). secara sintaksis, kita dapatkan 'waiting room' sebagai subjek dan 'is' sebagai predikat. sampai disini, susunan kata pada contoh tersebut telah memenuhi syarat untuk dikatakan sebagai sebuah kalimat.

Present Participle sebagai Verb

Pada contoh present participle sebagai kata kerja, dapat dijabarkan secara sintaksis 'I' sebagai subjek kalimat dan 'am waiting' sebagai predikatnya. Sampai disini, susunan kata pada contoh tersebut telah memenuhi syarat untuk dikatakan sebagai sebuah kalimat.

Present Participle sebagai gerund

Berbeda halnya dengan penjelasan pada contoh gerund - seperti yang terlihat pada tabel diatas, 'waiting' dapat berdiri sendiri karena sejatinya ia bukan merupakan kata sifat maupun kata kerja melainkan berfungsi sebagai kata benda. Jika kita jabarkan kedalam sintaksis kalimat, maka kita peroleh 'waiting' sebagai subjek kalimat dan 'is' sebagai predikat. sampai disini, susunan kata pada contoh tersebut telah memenuhi syarat untuk dikatakan sebagai sebuah kalimat.