Latihan Speaking untuk Pemalu & Introvert

Siapa bilang speaking sulit bagi orang-orang dengan karakteristik pemalu? Berikut ini latihan speaking untuk para pemalu dan introvert.

Cermin

Anda yang senang menyendiri di kamar dapat memanfaatkan kesendirian anda dengan berlatih berbicara dalam bahasa Inggris didepan cermin. Hal ini adalah teknik yang beberapa teman masa mahasiswa dulu lakukan. 

Kebanyakan waktu mereka habis didalam kamar. Hal tersebut mereka manfaatkan dengan membuat satu atau dua topik yang kemudian mereka bahas didepan cermin.

Berkendara

Sembari menyetir mobil atau mengendarai motor/sepeda, teman-teman yang pemalu dan introvert dapat memanfaatkan waktu ini untuk melatih kemampuan speaking. Ini adalah teknik yang sangat sering Dosen English praktekkan.

Biasanya, setelah mendengarkan beberapa episode podcast, Dosen English mencatat atau mengingat beberapa ungkapan (idiom, frasa, dan klausa) yang menarik dari episode-episode podcast yang Dosen English dengarkan. Berikut ini beberapa diantara ungkapan tersebut.

English Indonesian
Better late than never Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali
What are you up to? Kamu hendak kemana?
Get your act together Jika tidak serius, tinggalkan
Call it a day Berhenti mengerjakan sesuatu
Hang in there Jangan menyerah

Secara teknis, Dosen English biasanya hanya mendeskripsikan apa yang terlihat dalam perjalanan. Misalnya, ketika ada kendaraan yang memutar balik, Dosen English mengatakan “the driver takes the U-turn” atau mengatakan “better late than never” saat menjumpai orang belajar mengemudikan kendaraan.

Media Sosial

Cara ini juga sering Dosen English praktekkan. Diluar sana, terdapat banyak sekali pelajar bahasa Inggris. Hal ini Dosen English manfaatkan dengan mencari ID media sosial mereka dan menghubungi mereka melalui media sosial. Dahulu, Skype adalah media favorit Dosen English. Hingga sekarang pelajar bahasa Inggris dari seluruh dunia masih memanfaatkan Skype untuk belajar. Cara menemukan mereka juga sangatlah mudah. Cukup mengakses laman speaking24.com, cari beberapa orang yang tepat yang meninggalkan jejak ID Skype mereka disana, dan mulailah berkomunikasi dengan mereka. Saran dari Dosen English, pilihlah yang selevel dengan anda. Secara teknis, teman-teman dapat menghubungi mereka melalui panggilan suara saja.