Be + Noun: Penjelasan dan Ragam Penggunaannya

Form 'be' dalam bahasa Inggris berarti 'am, is, are, was, were, be, been, dan being'. Terdapat setidak-tidaknya 3 kelas kata yang dapat mengisi kata dibelakang ‘be’ - yakni kata benda (noun), kata sifat (adjective), dan kata kerja (verb) berjenis 'past participle' (verb 3) atau 'present participle' (verb -ing). Fokus pembahasan kali ini adalah penggunaan ‘be’ yang diikuti oleh kata benda (noun).

Penggunaan ‘be’ Berdasarkan Bentuk Waktu

Bentuk Waktu Be + Noun Arti Kalimat Makna Kalimat
Present I am a student Saya adalah seorang pelajar (siswa/mahasiswa) Sekarang atau saat ini saya masih berstatus pelajar
Past I was a student Saya adalah seorang pelajar (siswa/mahasiswa) Dulu saya pernah berstatus pelajar. Sekarang atau saat ini saya tidak lagi terdaftar sebagai pelajar di institusi manapun
Future I will be a student Saya akan (menjadi) seorang pelajar (siswa/mahasiswa) Sekarang saya belum mendaftar. Tapi suatu saat nanti, saya pasti bisa menjadi seorang pelajar.
Dari tabel diatas, terlihat jelas ragam penggunaan ‘be’ yang diikuti oleh noun (kata benda) berdasarkan konteks waktunya (tense). 

Penggunaan ‘be’ + Noun Berdasarkan Bentuk Waktu & Subjek Kalimat

Untuk membentuk kalimat serupa dengan subjek berbeda, ‘be’ dari subjek kalimat perlu disesuaikan. Tabel dibawah ini menjelaskan masing-masing bentuk ‘be’ dari setiap personal pronoun (kelas kata yang bisa menempati posisi subjek kalimat).


Personal Pronoun Be (Bentuk Waktu Past) + Noun Be (Bentuk Waktu Present) + Noun Be (Bentuk Waktu Masa Depan) + Noun
I (Saya) I was a student I am a student I will be a student
You (Anda/Kalian) You were a student / You were students You are a student / You are students You will be a student / You will be students
We (Kami) We are students We are students We will be students
They (Mereka) They were students They are students They will be students
He (Dia - pria) He was a student He is a student He will be a student
She (Dia - wanita) She was a student She is a student She will be a student
It It was a book It is a book It will be a book
Catatan: You dapat berjenis tunggal dan dapat pula berjenis jamak (plural). Jika tunggal, you berarti Anda atau kamu namun jika jamak, you berarti kalian. Selanjutnya, Contoh personal pronoun “it” pada kolom terakhir dari tabel diatas dapat dijelaskan sebagai berikut. Contoh kalimat “it was a book” bisa bermakna bahwa benda yang dimaksud (it) dulunya adalah sebuah buku (sekarang sudah tidak berwujud buku lagi - bisa jadi karena sudah robek sehingga tidak terlihat seperti buku lagi). Contoh kalimat “it will be a book” bisa bermakna bahwa seseorang sedang menulis dan berharap dimasa depan semua yang telah dan sedang ditulis dapat dibukukan (diterbitkan sebagai sebuah buku).