Apa Perbedaan Penggunaan Simple Past dengan Present Perfect?

Jika teman-teman berada pada halaman ini, maka teman-teman tentu ingin mendalami materi tentang tenses. Kali ini Dosen English akan mencoba mengulas perbedaan penggunaan simple past dengan present perfect.

Perbedaan Simple Past Tense dengan Present Perfect Tense - Dosen English
Jenis Kalimat Simple Past Makna Present Perfect Makna
Verbal I knew Andi for 2 years Saya sudah tidak mengetahui keberadaan Andi I have known Andi for 2 years Hingga sekarang, saya masih mengetahui tentang Andi
Nominal She was an English teacher Wanita tersebut bukan lagi guru bahasa Inggris (mungkin sudah pensiun) She has been an English teacher for 2 years Sekarang masih menjadi guru bahasa Inggris

Catatan: Kolom “makna” pada tabel diatas tidak merujuk pada arti kalimat melainkan merujuk pada makna dari kalimat tersebut.

Pada contoh dalam tabel diatas, terlihat bagaimana simple past benar-benar berbeda dengan present perfect. Meskipun kelihatannya serupa, tetapi perbedaannya sangat jelas terlihat.

Sekarang, mari kita review secara singkat kedua tenses yang kita bandingkan dalam artikel ini.

Review Singkat: Simple Past Tense

Simple past tense digunakan untuk menceritakan atau menginformasikan kejadian yang telah terjadi di masa lalu secara “sederhana”. Ciri dari simple past tense adalah jika ia berupa kalimat verbal, maka menggunakan past verb sebagai predikatnya - contohnya “I ate pizza last week”. Sedangkan jika ia berupa kalimat nominal, maka digunakan to be bentuk past sebagai pengganti predikatnya - contohnya “I was a student”.

Review Singkat: Present Perfect Tense

Present perfect tense digunakan untuk menceritakan atau menginformasikan kejadian yang ‘telah dimulai pada masa lalu’ dan kini telah selesai dilakukan - misalnya “She has written the letter” yang kemungkinan artinya adalah wanita tersebut telah memulai menulis surat tadi pagi, siang tadi dia masih menulis surat, dan surat tersebut selesai ditulis pada sore hari. Pada malam harinya, anda menemui seseorang dan bertanya tentang surat. Seseorang yang anda temui tersebut kemudian menjawab “She has written the letter”.

Dalam buku tata bahasa Inggris, present perfect di sebut sebagai jenis tense yang digunakan untuk menceritakan kejadian yang baru-baru ini terjadi atau yang baru saja terjadi - misalnya “I have eaten pizza” yang berarti bahwa kegiatan makan pizza telah dimulai beberapa menit atau jam yang lalu tapi rasa kenyangnya masih terasa hingga sekarang.

Kedua contoh diatas - “She has written the letter” dan “have eaten pizza” merupakan contoh kalimat verbal dari present perfect tense.

Contoh kalimat nominalnya misalnya “He has been a lecturer for 3 years now”.

Untuk lebih lengkapnya, baca artikel Dosen English yang khusus mengulas tentang simple present tense dan present perfect tense.